Privacy & Terms

Syarat dan Ketentuan

Penggunaan Aplikasi Diceritain

test

Pasal 1 - Ketentuan Umum

  1. Aplikasi Diceritain merupakan milik PT Cerita Progresif Indonesia (“Kami”).

  2. Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Diceritain (“Syarat dan Ketentuan”) ini berlaku sebagai perjanjian antara pengguna aplikasi Diceritain (“Anda”) dan Kami yang melakukan pengurusan, pemeliharaan, penyebarluasan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan aplikasi Diceritain (“Aplikasi”) dan layanan konseling sebaya yang dapat diakses melalui Aplikasi tersebut (“Layanan Konseling Sebaya”).

  3. Dengan menekan tombol atau kotak yang memuat kata “setuju” di bagian bawah laman ini, Anda telah membaca, mengerti, menyetujui, dan terikat secara hukum dengan seluruh ketentuan yang dimuat di dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini.

  4. Kami berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan eksplisit kepada Anda. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan berlaku secara efektif sejak Syarat dan Ketentuan hasil perubahan tersebut dimuat di dalam Aplikasi. Anda disarankan untuk memeriksa Syarat dan Ketentuan secara berkala.

  5. Dengan melakukan tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat 3, Anda dianggap telah memberikan persetujuan secara sah kepada seluruh perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan tidak dapat dibatalkan. Apabila Anda tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan ini di kemudian hari, Anda harus segera berhenti menggunakan Layanan Konseling Sebaya dan menghapus Aplikasi dari perangkat Anda.

Pasal 2 - Pribadi

  1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang memiliki hak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Republik Indonesia dan bahwa Anda merupakan perseorangan yang berusia minimal 15 (lima belas) tahun.

  2. Anda dalam menyetujui Syarat dan Penggunaan ini bertindak atas nama pribadi dan tidak mewakili dan/atau diwakili orang lain atau suatu badan.

  3. Anda dalam menyetujui Syarat dan Penggunaan ini bertindak atas nama pribadi dan tidak mewakili dan/atau diwakili orang lain atau suatu badan.

  4. Apabila di kemudian hari Anda tidak lagi memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dan 2, Anda harus segera berhenti menggunakan Layanan Konseling Sebaya dan menghapus Aplikasi dari perangkat Anda.

  5. Anda menyatakan, menerima, dan memberikan konfirmasi bahwa seluruh ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi sah dan mengikat secara hukum, serta dapat dipaksakan kepada Anda dalam menjalankan ketentuan Syarat dan Ketentuan ini.

Pasal 3 - Penggunaan Layanan Konseling Sebaya

  1. Kami menyediakan Aplikasi sebagai sarana bagi Anda untuk menggunakan Layanan Konseling Sebaya dengan perseorangan yang terdaftar di dalam Aplikasi (“Konselor Sebaya”).

  2. Ruang lingkup Layanan Konseling Sebaya yang diberikan oleh Konselor Sebaya adalah mendengarkan cerita mengenai permasalahan yang berdampak pada keadaan psikologis Anda, memberikan dukungan emosional, membantu Anda dalam mengenali permasalahan secara lebih mendalam, dan/atau mengarahkan Anda untuk mencapai solusi secara mandiri atas permasalahan yang Anda hadapi, termasuk memberikan informasi terkait layanan profesional alternatif jika diperlukan.

  3. Layanan Konseling Sebaya dibuka setiap hari Senin sampai Sabtu pada pukul 16.30 - 22.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) yang dibagi menjadi 4 (empat) slot waktu, yaitu:

    1. pukul 16.30 - 18.00 WIB;

    2. pukul 18.00 - 19.30 WIB;

    3. pukul 19.30 - 21.00 WIB; dan

    4. pukul 21.00 - 22.30 WIB.

  4. Layanan Konseling Sebaya tidak dibuka di hari-hari berikut:

    1. setiap hari Minggu;

    2. Tahun Baru Imlek;

    3. 31 Desember; dan

    4. Hari Raya Idul Fitri dan satu hari setelahnya;

    5. Hari Raya Idul Adha; dan

    6. Natal dan satu hari sebelumnya.

  5. Durasi waktu untuk pemberian Layanan Konseling Sebaya bagi Anda adalah maksimal 60 (enam puluh) menit yang dapat diperpanjang sesuai kesepakatan bersama antara Anda dengan Konselor Sebaya yang bersangkutan dan slot waktu Konselor Sebaya yang bersangkutan sebagaimana dimaksud pada ayat 3 belum berakhir.

  6. Anda berhak untuk mengakhiri sesi Layanan Konseling Sebaya sebelum waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 5 berakhir.

  7. Anda berhak untuk memilih Konselor Sebaya yang berbeda setiap kali Anda menggunakan Layanan Konseling Sebaya. Konsekuensinya adalah Anda harus kembali menceritakan permasalahan Anda dari awal setiap kali Anda memilih Konselor Sebaya yang berbeda.

  8. Layanan Konseling Sebaya tidak dapat menggantikan pertemuan tatap muka yang diberikan oleh tenaga profesional yang memiliki izin dan kualifikasi.

  9. Anda tidak dapat membuat keputusan yang berkaitan dengan kesehatan mental Anda dengan semata-mata atau sebagian besar didasarkan pada segala bentuk informasi yang Anda dapatkan melalui Layanan Konseling Sebaya.

  10. Layanan Konseling Sebaya bukan merupakan layanan medis atau alat yang ditujukan untuk memberikan diagnosis atau manfaat terapis. Segala bentuk informasi yang Anda dapatkan melalui layanan konseling sebaya ini tidak dapat dijadikan sebagai pengganti rekomendasi medis, diagnosis, terapi, perawatan, atau produk layanan medis lainnya.

  11. Anda tidak akan atau berhenti menggunakan layanan konseling ini apabila Anda membutuhkan layanan cepat tanggap percobaan bunuh diri atau segala bentuk layanan medis yang bersifat mengobati. Anda setuju, mengerti, dan memberikan konfirmasi bahwa Layanan Konseling Sebaya tidak dirancang untuk hal-hal demikian.

  12. Apabila Anda pada saat mengikuti sesi Layanan Konseling Sebaya terindikasi bahwa Anda akan atau mempertimbangkan untuk melakukan bunuh diri, menyakiti atau melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan diri Anda sendiri atau orang lain, merasa bahwa diri Anda atau orang lain berada dalam keadaan bahaya, dan/atau merasa bahwa Anda membutuhkan layanan medis darurat, Anda harus segera menghubungi nomor layanan darurat dan melaporkan hal-hal sebagaimana dimaksud pada ayat ini.

Pasal 4 - Penggunaan Aplikasi

  1. Anda diwajibkan untuk menghubungkan akun Google Mail Anda dengan akun Aplikasi (secara bersama-sama disebut sebagai “Akun”) pada saat pendaftaran. Satu akun Google Mail hanya dapat digunakan untuk satu username akun Aplikasi.

  2. Anda dapat menentukan username akun Aplikasi secara bebas dengan tetap memperhatikan norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Anda sangat disarankan untuk memilih username yang tidak berkaitan dengan identitas Anda untuk menjaga anonimitas Anda.

  3. Satu Akun bersifat pribadi dan tidak boleh digunakan secara bersama-sama dengan lebih dari satu orang.

  4. Hanya Anda yang dapat menggunakan Akun milik Anda sendiri. Anda akan berupaya sebaik mungkin untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan Akun Anda digunakan oleh pihak lain selain Anda.

  5. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kata sandi dan segala macam informasi keamanan yang Anda gunakan untuk mengakses Akun Anda. Anda bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keamanan dan kerahasiaan Akun Anda.

  6. Kami menganggap bahwa segala aktivitas yang dilakukan melalui Akun Anda di dalam Aplikasi sebagai aktivitas yang dilakukan oleh Anda sendiri. Anda bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala aktivitas tersebut.

  7. Kami berkomitmen untuk menjaga dan melindungi semua data pribadi yang Anda berikan kepada Kami sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019, termasuk dalam mengolah dan menganalisis data tersebut ke dalam bentuk insight. Kami juga berkomitmen untuk menjaga dan melindungi semua hal yang berkaitan dengan Layanan Konseling Sebaya yang Anda gunakan berdasarkan Bab V Kode Etik Psikologi Indonesia yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia pada tahun 2010.

Pasal 5 - Larangan Bagi Pengguan

  1. Anda dilarang untuk menggunakan Layanan Konseling Sebaya untuk tujuan selain daripada permasalahan kesehatan mental Anda atau selain yang diatur sebagai ruang lingkup Layanan Konseling Sebaya sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 ayat 2. Tujuan yang dilarang sebagaimana dimaksud pada ayat ini meliputi dan tidak terbatas pada kepentingan wawancara, belajar, mengerjakan tugas, berkenalan, mencari jodoh, mengirimkan materi iklan atau propaganda, dan mengirimkan pesan berantai.

  2. Anda dilarang untuk menggunakan Layanan Konseling Sebaya untuk tujuan yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meliputi dan tidak terbatas pada mengirimkan dokumen elektronik yang memiliki muatan pornografi dan segala macam tindakan yang melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan hak privasi milik pihak lain.

  3. Anda dilarang untuk melakukan fitnah, ancaman kekerasan, pemerasan, kekerasan seksual, intimidasi, penghinaan, penipuan, diskriminasi Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan (SARA), ajakan untuk melakukan bunuh diri, tindakan yang membahayakan keselamatan diri sendiri atau orang lain, atau ujaran kebencian, atau tindakan-tindakan lainnya yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap Konselor Sebaya.

  4. Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang secara nyata atau berpotensi merusak, menghambat, atau mengganggu pemberian Layanan Konseling Sebaya, meliputi dan tidak terbatas pada spamming, hacking, cracking, serta mengirimkan dokumen elektronik yang mengandung virus, worm, trojan horse, malware, spyware, dan kode pemrograman yang bersifat merusak atau mengganggu.

  5. Anda dilarang untuk menyampaikan informasi yang bersifat palsu atau tidak benar dalam menggunakan Layanan Konseling Sebaya.

  6. Anda dilarang untuk mengungkapkan informasi yang bersifat rahasia dalam menggunakan Layanan Konseling Sebaya, meliputi dan tidak terbatas pada nomor rekening bank, nomor kartu kredit, nomor identitas nasional, nomor telepon non-publik, alamat e-mail non-publik, dan rahasia jabatan.

  7. Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang melanggar HKI milik Kami.

  8. Anda dilarang untuk menggunakan Akun milik orang lain dengan alasan dan situasi apapun untuk menggunakan Layanan Konseling Sebaya.

  9. Anda dilarang untuk menggunakan Aplikasi, Akun, atau Layanan Konseling Sebaya untuk melakukan tindakan yang mengakibatkan atau dapat mengakibatkan keluhan, perselisihan, tuntutan, gugatan, hukuman, dan tanggung jawab lain kepada Kami, pihak ketiga, atau pengguna lain.

Pasal 6 - Hak Atas Kekayaan Intelektual

  1. Kami adalah pemilik tunggal atas nama, ikon, dan logo Diceritain serta fitur dalam Aplikasi, yang mana merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia. Anda dilarang keras menggunakan, memodifikasi, atau memasang nama, ikon, logo, atau merek tersebut tanpa persetujuan tertulis dari Kami.

  2. Seluruh hak atas kekayaan intelektual yang terdapat dalam Aplikasi berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, termasuk dalam hal ini adalah kepemilikan hak kekayaan intelektual atas seluruh source code Aplikasi dan hak kekayaan intelektual terkait Aplikasi. Untuk itu, Anda dilarang untuk melakukan pelanggaran atas hak kekayaan intelektual yang terdapat pada Aplikasi ini, termasuk melakukan modifikasi, karya turunan, mengadaptasi, menduplikasi, menyalin, menjual, membuat ulang, meretas, menjual, dan/atau mengeksploitasi Aplikasi ini termasuk penggunaan Aplikasi atas akses yang tidak sah, meluncurkan program otomatis atau script, atau segala program apapun yang mungkin menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi, atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau isinya.

  3. Seluruh Ketentuan Penggunaan Aplikasi diatur dan tunduk pada hukum negara Republik Indonesia Kami memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terkait dengan hak kekayaan intelektual yang terkait Aplikasi.

Pasal 7 - Jaminan dan Tanggung Jawab

  1. Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh tindakan, kelalaian, atau ucapan Konselor Sebaya. Hubungan di dalam Layanan Konseling Sebaya semata-mata hanya terjadi antara Anda dan Konselor Sebaya.

  2. Kami tidak memberikan jaminan atau janji apapun kepada Anda yang berkaitan dengan keahlian, kemampuan, kualifikasi, dan/atau kesanggupan Konselor Sebaya dalam memberikan Layanan Konseling Sebaya.

  3. Kami tidak memberikan jaminan atau janji apapun kepada Anda yang berkaitan dengan kecocokan, kepuasan, ketepatan, dan/atau kegunaan penyediaan Layanan Konseling Sebaya oleh Konselor Sebaya, termasuk di dalamnya adalah tercapainya solusi terhadap permasalahan Anda.

  4. Kami tidak menyatakan bahwa kami telah melakukan verifikasi dan tidak memberikan jaminan atau janji apapun kepada Anda atas verifikasi Kami terhadap keahlian, kemampuan, riwayat hidup, riwayat pendidikan, gelar, kompetensi, latar belakang, atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Konselor Sebaya.

  5. Anda bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi sendiri secara bebas terhadap Konselor Sebaya yang memberikan Layanan Konseling Sebaya kepada Anda.

  6. Anda harus selalu bersikap waspada dan hati-hati dalam menggunakan Layanan Konseling Sebaya.

  7. Kami tidak memberikan jaminan atau janji kepada Anda bahwa sistem Aplikasi dan/atau Layanan Konseling Sebaya konsisten, tepat waktu, dan tidak akan pernah mengalami gangguan atau kesalahan. Apabila terdapat gangguan atau hambatan terhadap sistem Aplikasi dan/atau Layanan Konseling Sebaya, kami berkomitmen untuk segera memperbaikinya dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

  8. Anda membebaskan dan melepaskan Kami tanpa kesalahan dari segala bentuk tanggung jawab terhadap kerugian yang timbul dari :

    1. kepercayaan Anda terhadap informasi yang disampaikan oleh Konselor Sebaya dan penggunaan informasi tersebut;

    2. terjadinya gangguan atau hambatan terhadap sistem Aplikasi dan/atau Layanan Konseling Sebaya; atau

    3. hal-hal yang berkaitan dengan pemberian Layanan Konseling Sebaya, Konselor Sebaya, dan/atau Aplikasi yang diatur di dalam pasal ini.

  9. Anda harus melakukan ganti rugi kepada Kami, membela Kami atas permintaan Kami, tidak menuntut atau menggugat Kami, dan menganggap Kami tidak bersalah atas dan terhadap segala klaim, kehilangan, kerugian, permintaan, pertanggungjawaban, atau biaya yang timbul dari atau berhubungan dengan hal-hal berikut:

    1. akses atau penggunaan Anda terhadap Aplikasi dan/atau Layanan Konseling Sebaya;

    2. segala aktivitas yang dilakukan melalui Akun Anda di dalam Aplikasi;

    3. pelanggaran Anda terhadap ketentuan yang diatur di dalam Syarat dan Ketentuan;

    4. pelanggaran Anda terhadap hak pihak ketiga; atau

    5. pelanggaran Anda terhadap norma agama, kesusilaan, kesopanan, peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  10. Anda setuju, mengerti, memberikan konfirmasi, dan menerima seluruh resiko dan akibat yang mungkin timbul dari penggunaan Layanan Konseling Sebaya dan/atau Aplikasi.

Pasal 8 - Tindak Lanjut terhadap Pelanggaran oleh Pengguna

Apabila Kami memiliki alasan kuat bahwa Anda telah melakukan pelanggaran terhadap kewajiban atau memenuhi ketentuan larangan sebagaimana diatur di dalam Syarat dan Ketentuan, Kami berhak untuk melakukan tindakan sebagai berikut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda:

  1. memerintahkan Konselor Sebaya untuk tidak memberikan Layanan Konseling Sebaya kepada Anda;

  2. menangguhkan atau menutup akun Aplikasi Anda;

  3. melaporkan Anda ke otoritas berwenang yang termasuk di dalamnya adalah pihak kepolisian;

  4. mengajukan gugatan terhadap Anda; atau

  5. melakukan tindakan-tindakan lain sesuai dengan diskresi Kami.

Pasal 9 - Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan

  1. Syarat dan Ketentuan yang berlaku sebagai perjanjian antara Kami dan Anda dibuat berdasarkan dan harus diinterpretasikan menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

  2. Perselisihan apapun yang timbul dari pelaksanaan Syarat dan Ketentuan diselesaikan secara musyawarah atau melalui mekanisme hukum di Pengadilan Negeri Depok.

  3. Ketentuan Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata akan dikesampingkan sehingga pemutusan perjanjian berdasarkan Syarat dan Ketentuan tidak memerlukan suatu putusan pengadilan.

  4. Apabila terdapat ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan yang dinyatakan oleh pengadilan berwenang adalah tidak sah, tidak berlaku, tidak dapat dijalankan, atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketentuan lain di dalam Syarat dan Ketentuan tetap berlaku, mengikat, dan dapat dijalankan secara penuh.