Diterbitkan Feb 26 2022

Procrastinating atau Sistem Kebut Semalam (SKS): Is it right or not?

3 minute read

Apa itu Prokrastinasi?

Jadi prokrastinasi adalah upaya menunda satu tugas atau bahkan serangkaian tugas yang penting. Biasanya, dengan berfokus pada kegiatan yang kurang mendesak, lebih menyenangkan, dan tugas yang dianggap lebih mudah. Berbeda dengan orang yang ‘malas’, hal ini merupakan keengganan untuk bertindak.

Kenapa banyak orang melakukan prokrastinasi? 

Hampa rasanya jika mau membahas prokrastinasi tanpa sudut pandang sains. Nah, kini saatnya kita menelusuri “Kenapa sih orang-orang banyak yang suka prokrastinasi?”

Jadi, menurut penelitian psikologi perilaku, terdapat fenomena “time inconsistency” yang menjelaskan alasan menunda-nunda pekerjaan terlihat menarik. Hal ini disebabkan oleh otak manusia yang cenderung menilai imbalan secara langsung lebih baik dan pantas diutamakan daripada imbalan di masa depan.

Waduw, maksudnya gimana tuh?

First of all, cara terbaik untuk memahami ini adalah dengan membayangkan bahwa kamu memiliki dua diri: Dirimu Saat Ini dan Dirimu di Masa Depan.

  • Ketika kamu menetapkan tujuan, contoh: belajar bahasa asing agar memiliki skor IELTS 7.5.  Hal ini berarti kamu sedang membuat rencana untuk Dirimu di Masa Depan → kamu membayangkan seperti apa hidupmu di masa depan.

Para peneliti telah menemukan bahwa ketika seseorang memikirkan Diri di Masa Depannya, cukup mudah bagi otak untuk melihat value dalam mengambil tindakan dengan manfaat jangka panjang. Diri di Masa Depan menghargai imbalan jangka panjang.

Namun, Diri di Masa Depan dapat menetapkan tujuan, hanya Diri Saat Ini yang dapat mengambil tindakan. Ketika saatnya tiba untuk membuat keputusan, kamu tidak lagi membuat pilihan untuk Dirimu di Masa Depan. Sekarang dirimu berada di saat ini dan otakmu juga memikirkan diri sendiri. Para peneliti telah menemukan bahwa Diri Saat Ini sangat menyukai kepuasan instan, bukan hasil jangka panjang.


Cara Mengatasi Prokrastinasi

Mengandalkan konsekuensi dan imbalan jangka panjang untuk memotivasi Diri Saat Ini sangatlah sulit. Maka dari itu, yang harus dilakukan adalah menemukan cara untuk membuat apresiasi dan konsekuensi di masa depan menjadi apresiasi dan konsekuensi saat ini. 

Gambar diatas menggambarkan proses yang terjadi pada saat kamu akhirnya bergerak melampaui penundaan dan mengambil tindakan. Contohnya, kamu memiliki tugas makalah yang harus dikerjakan. Sebenarnya, kamu sudah mengetahui selama berminggu-minggu tetapi terus menundanya. Kamu mengalami sedikit rasa sakit dan kecemasan yang mengganggu memikirkan makalah yang harus  ditulis, tetapi tidak cukup untuk melakukan apa-apa. Kemudian, tepat satu hari sebelum tenggat waktu pengumpulan, konsekuensi masa depan berubah menjadi konsekuensi saat ini dan kamu menulis laporan itu beberapa jam sebelum jatuh tempo. Rasa sakit karena menunda-nunda akhirnya meningkat dan kamu telah melewati 'Action Line'.

Tepat setelah kamu melewati Action Line, rasa sakit mulai mereda. Faktanya, berada di tengah-tengah penundaan seringkali lebih menyakitkan daripada di tengah-tengah melakukan pekerjaan. Poin A pada grafik di atas seringkali lebih menyakitkan daripada Poin B. Rasa bersalah, malu, dan cemas yang kamu rasakan saat menunda-nunda biasanya lebih buruk daripada upaya dan energi yang harus Anda keluarkan selama bekerja. 

Jika kita ingin berhenti menunda-nunda, maka kita perlu membuatnya semudah mungkin bagi Diri Saat Ini untuk memulai dan percaya bahwa motivasi dan momentum akan datang setelah kita memulai. (Motivasi sering datang setelah memulai, bukan sebelumnya.)

How Can I Stop Procrastinating Right Now?!

  • Self Reward jika kamu berhasil menyelesaikan dengan segera
  • Tentukan konsekuensi jika kamu tetap menunda-nunda
  • Buat rencana apa yang kamu harus lakukan kedepan
  • Rancanglah rencana baru yang lebih achievable

Sumber

Clear, James. Procrastination: A Scientific Guide on How to Stop Procrastinating. James Clear.

Procrastination: A Brief Guide on How to Stop Procrastinating (jamesclear.com)

Mind Tools Content Team. How to Stop Procrastinating Overcoming the Habit of Delaying Important Tasks. MindTools. https://www.mindtools.com/pages/article/newHTE_96.htm#:~:text=Procrastination%20is%20the%20habit%20of,potential%20and%20undermine%20your%20career.

Diceritain bukan layanan cepat tanggap percobaan bunuh diri dan bersifat preventif. Jika membutuhkan layanan cepat tanggap percobaan bunuh diri, harap hubungi layanan profesional yang bisa dijangkau segera.

Kontak layanan percobaan bunuh diri: Layanan Sejiwa (hotline) Hubungi 119 tekan 8.